PROFIL KONSTRUKSI GEDUNG, SANITASI DAN PERAWATAN

A. Sejarah Jurusan

Pada awal mula didirikannya sekolah SMK Negeri 5 Surabaya yang dahulu bernama STM Pembangunan Negeri Surabaya, pada tahun 1988 jurusan ini dibedakan menjadi 2 kompetensi keahlian, yaitu Bangunan Gedung dan Bangunan Air. Pada tahun 1998 diadakannya program sekolah 3 tahun, jurusan ini berganti nama dengan Konstruksi Batu Beton. Seiring perkembangan pendidikan dan kurikulum nasional maka pada tahun 2004 jurusan berganti nama menjadi Teknik Gambar Bangunan dengan kembali menetapkan sistem sekolah 4 tahun. Dengan semakin ketatnya persaingan kerja dan perubahan kurikulum nasional maka pada tahun 2017 Jurusan berubah lagi menjadi Jurusan Kontruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan dengan tetap mempertahankan sistem Pendidikan 4 tahun.

B. Ciri Khas Jurusan

Lokasi gedung bernuansa warna kecokelatan, Kompetensi Keahlian Kontruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan berbeda dengan jurusan Kontruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan di sekolah lain, hal ini dikarenakan sarana penunjang pendidikan dimiliki jurusan lebih lengkap dan siap pakai, antara lain yakni :

  1. Tersedianya Alat Praktek Sanitasi yang lengkap dan siap digunakan.
  2. Tersedianya Laboratorium mini Galvalum (Konstruksi Galvalum)
  3. Tersedianya alat Praktek dasar kayu yang lengkap dan siap digunakan

C. Kompetensi Utama

Fokus keterampilan yang diutamakan untuk dicapai oleh Program Keahlian Kontruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan antara lain :

  1. Konstruksi Bangunan Gedung
  2. Gambar Teknik
  3. Mekanika Teknik
  4. Teknik Pengukuran Tanah
  5. Perawatan Gedung
  6. Konstruksi Atap
  7. Sistem Utilitas Bangunan Gedung
  8. Estimasi Biaya Konstruksi, Sanitasi dan Perawatan Gedung
  9. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

D. Bidang pekerjaan para lulusan meliputi :

  • Drafter
  • Surveyor
  • Plumbing
  • Pelaksana Lapangan
Close Menu